Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Tani Meniti Fajar Padamkan Karhutla dengan Dana Swadaya

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 September 2019 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Agar kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tidak meluas, sehingga masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Meniti Fajar, Kelurahan Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan kompak berjibaku memadamkan api dengan dana swadaya.

Ketua Kelompok Tani Meniti Fajar, Sarwani mengatakan anggotanya telah membantu memadamkan api di lahan kelompok tani lain dengan dana swadaya.

"Upaya yang dulakukan dalam memadamkan api merupakan inisiatif pribadi dari kelompok tani dan belum ada mendapatkan bantuan dari pihak lain," ujanrya, Rabu 18 September 2019.

Saat ini sudah ada 4 kelompok tani yang dibantu dalam pemadaman di lahan mereka agar tidak meluas ke lahan milik Kelompok Tani Meniti Fajar.

Dengan mengandalkan alat seadanya, para petani ini kompak bergotong royong memadamkan api guna memutus perluasan lahan yang terbakar.

"Adapun upaya dari kelompok kami menyediakan 4 alat pemadam kemudian kami membendung air yang ada di sungai untuk mengantisipasi agar api tidak menyeberang ke lokasi kami," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru