Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Pulang Pisau Ikut Padamkan Kebakaran Lahan di Tumbang Nusa

  • Oleh James Donny
  • 18 September 2019 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo turun langsung ke lapangan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Tumbang Nusa, Kecamatan Jabiren Raya, Rabu 18 September 2019.

Bupati berbaur dengan petugas tim pos lapangan yang sedang memadamkan api. Ikut pula Kapolres Pulang Pisau AKBP Siswo Yuwono BPM beserta sejumlah pejabat lainnya. 

Bupati mengapresiasinya kepada petugas pos lapangan yang bahu membahu berjibaku dengan kebakaran hutan dan lahan baik siang maupun malam. 

Edy mengatakan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau bersama Provinsi Kalimantan Tengah dan pusat terus berupaya mendukung upaya penanggulangan Karhutla hingga musim kemarau berakhir.

Menurut Edy, Karhutla tahun ini sudah berdampak pada semua aktivitas di Kabupaten Pulang Pisau hingga Kalteng umumnya.

Bahkan karena asap, masyarakat banyak yang terganggu kesehatannya dan terserang infeksi pada saluran nafas akut atau ISPA. 

Edy mengatakan selalu pimpinan daerah tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar. 

Bupati mengimbau masyarakat untuk menahan diri membakar lahan, sekecil apapun lahannya, karena percikan api bisa menyebar ke lahan lain yang kering, dan akhirnya terbakar meluas. 

"Dampaknya saat ini dirasakan semua masyarakat dan merugikan kita semua, mulai dari kesehatan, perekonomian, dan aktivitas masyarakat lainnya," katanya. 

Edy mengatakan agar masyarakat mengutamakan pencegahan kebakaran lahan. "Membakar lahan saat ini akan ditindak tegas bahkan pelakunya akan dipidana dengan pasal lain dan lebih berat," katanya. 

Berita Terbaru