Gubernur Kalteng Imbau Bupati dan Wali Kota Pastikan Tidak Ada Lagi Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 September 2019 - 21:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengimbau seluruh bupati dan wali kota untuk ikut bekerja maksimal dan memastikan tidak ada lagi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Hal ini sudah dituangkan dalam surat imbauan tertanggal 18 September 2019 perihal imbauan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, lahan dan pekarangan.

Surat edaran ini ditujukan kepada bupati, wali kota seluruh Kalteng dan kepala perangkat daerah di lingkungan pemerintah Provinsi Kalteng.

Berikut isi lengkapnya

Pertama, bupati dan wali kota sebagai penanggung jawab utama penanggulangan bencana di wilayahnya, agar memastikan tidak ada lagi terjadi kebakaran, pembakaran lahan dan pekarangan di wilayahnya masing-masing.

Ke 2, mengeluarkan surat imbauan dan selembaran bagi pengguna transportasi darat selama musim kemarau untuk tidak merokok saat mengendarai roda dua, maupun empat atau lebih.

Imbauan kedua ini dimaksud untuk mengantisipasi pengguna jalan membuang puntung rokok sembarangan.

Sebab jika dibuang di tempat yang begitu kering atau pada lahan gambut, hal ini dapat memicu munculnya api hingga menyebabkan kebakaran.

Terakhir, tidak melakukan perjalanan dinas luar daerah agar fokus dalam mengupayakan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, lahan dan pekarangan.

Jika ada perjalanan dinas luar daerah yang sifatnya mendadak, terlebih dulu mendapat persetujuan Gubernur Kalteng. (BUDI YULIANTO/ADV/B-6)

Berita Terbaru