Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perpustakaan dan Pustakawan Diminta Harus Lebih Berdaya Guna

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 September 2019 - 22:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Perpustakaan dan pustakawan diminta harus lebih berdaya guna. Hal ini diungkapkan Staf Khusus Pimpinan Perpustakaan Nasional atau Perpusnas, Supriyanto saat menjadi pembicara dalam kegiatan bimbingan teknis bagi pustakawan pada Selasa - Rabu 17 - 18 September 2019 di Kota Palangka Raya.

"Perpustakaan harus lebih berdaya guna dan berhasil guna untuk menciptakan sumber daya manusia unggul dan Indonesia maju," katanya.

Menurut Supriyanto, tenaga pengelola perpustakaan atau yang populer dengan istilah pustakawan harus bisa menggerakkan potensi yang ada di perpustakaan.

"Merujuk era 4.0 maka pustakawan harus bisa memobilisasi pengetahuan langsung ke masyarakat. Pustakawan harus mampu meliterasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan inklusi sosial. Artinya harus mampu membangun, mengembangkan masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup melalui pola gemar membaca," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Susana Ria Aden mengatakan pengembangan pendidikan untuk tenaga pengelola perpustakaan desa dan umum dilakukan oleh pihaknya melalui bimbingan teknis.

"Acara ini kami laksanakan juga dalam rangka meningkatkan pustakawan yang kompeten dan profesional sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada pemustaka," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru