Pemkab Kotim Terus Berupaya Penuhi Ketersediaan Air Bersih Wilayah Selatan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 September 2019 - 12:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) terus berupaya memenuhi ketersedian air bersih di wilayah selatan. Hal itu dilakukan karena wilayah selatan sudah mengalami kekeringan dan air sungai terasa asin.

"Kami terus berupaya untuk menyuplai air bersih ke daerah selatan. Karena di sana memang sangat membutuhkan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Kamis, 19 Agustus 2019.

Wilayah selatan yang terdampak kekeringan dan air sungai asin yakni Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Pulau Hanaut, dan Kecamatan Teluk Sampit.

Untuk Teluk Sampit, sejumlah desa sudah mengajukan permintaan air bersih, dan sudah dalam proses penyuplaian.

Namun, pemerintah sendiri tidak bisa segera dan sebanyak mungkin menyuplai air bersih. Karena saat ini armadanya sangat terbatas. Bahkan mereka memanfaatkan mobil bak terbuka yang membawa profil tank untuk menyuplai air ke daerah tersebut.

"Sudah kami perintahkan sejumlah mobil bak terbuka yang membawa profil tank milik sejumlah SOPD, yang kami alihkan untuk menyuplai air bersih," kata Halikinnor.

Saat ini banyak armada yang digunakan dan difokuskan untuk melakukan pemadaman Karhutla. Sehingga suplai air bersih tidak terlalu banyak armada yang digunakan. Meskipun begitu, pemerintah tetap berupaya agar ketersedian air bersih tetap ada di daerah tersebut.

"Air bersih adalah kebutuhan bagi masyarakat, agar tidak terserang penyakit. Sehingga kami tetap terus berupaya menyuplai permintaan masyarakat di daerah tersebut," ujar Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru