Wakil Bupati Barito Utara Imbau Masyarakat Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

  • Oleh Ramadani
  • 19 September 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker apabila melaksanakan aktivitas di luar ruangan dan mengurangi aktivitas di luar ruangan untuk hal-hal yang dianggap kurang penting.

Mengingat, kata Sugianto Panala Putra, Kamis 19 September 2019, berdasar hasil pengukuran uji labotarium oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bahwa kualitas udara berada pada kategori tidak sehat yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan manusia juga hewan dan tumbuhan.

Untuk itu, lanjut dia,  Pemkab Barito Utara  melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat keluarkan surat edaran nomor : 000/523/DLH/IX/2019 tentang antisipasi kejadian kabut asap.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Camat se Kabupaten Barito Utara serta seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Wakil Bupati Sugianto Panala Putra tersebut menyebutkan bahwa sehubungan dengan semakin pekatnya kabut asap yang terjadi di wilayah Kabupaten Barito Utara sehingga berdampak terhadap kualitas udara.

“Kepada Dinas Kesehatan untuk membagikan masker kepada masyarakat dan membuat laporan terkait warga yang terserang (terkena) penyakit ISPA selama kejadian kabut asap,” pinta Wakil Bupati Barito Utara itu.

Selanjutnya, Wabup meminta kepala dinas pendidikan untuk mengatur jadwal jam pelajaran sekolah atau bilamana perlu diliburkan untuk sementara waktu. “Dan kepada para Camat se kabupaten Barito Utara agar mengimbau kepada Kepala Desa dan warganya untuk bersama-sama menjaga wilayahnya dari kebakaran hutan dan lahan,” tegasnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru