Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendapatan Asli Daerah Barito Utara Hanya Beri Kontribusi Kecil untuk APBD

  • Oleh Ramadani
  • 19 September 2019 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Barito Utara ternyata hanya memberikan kontribusi kecil terhadap APBD. Hal itu disampaikan Sekda Barito Utara, Jainal Abidin, saat rapat intensifikasi dan ekstensifikasi pendapat daerah, Kamis, 19 September 2019.

Begitu juga bila dibandingkan dengan dana perimbangan yang masih menunjukan ketergantungan pemerintah kabupaten terhadap pemerintah pusat.

“Melalui rapat ini, Pemkab Barito Utara berusaha melibatkan perusahaan-perusahaan dari sektor yang dominan untuk berkontribusi dalam rangka meningkatkan PAD. Terutama dari sektor pajak dan retribusi daerah,” kata Jainal Abidin.

Dia mengharapkan, kesadaran perusahaan tentang pajak dan retribusi daerah harus memiliki efek berantai kepada wajib pajak, baik badan maupun perorangan.  Sehingga ditargetkan, peningkatan perekonomian daerah ke depannya harus sejajar dengan pendapatan daerah.

"Untuk perusahaan yang masih mengalami kendala dalam pembayaran kewajiban perpajakan, kami harapkan kerjasama," kata dia.

Sementara itu, Sekda Barito Utara juga menyampaikan, berdasarkan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, penyelenggaraan pemerintahan daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan,, peran serta masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah melalui otonomi daerah.

“Untuk menjalankan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangannya, daerah harus mempunyai sumber keuangan baik berupa pajak dan retribusi daerah, maupun dana perimbangan. Agar mampu memberikan pelayanan dan kesejahteraan kepada masyarakat,” kata Jainal Abidin.

Sekda juga menyampaikan kepada Badan Pengelola Pendapatan Daerah untuk terus menerus meningkatkan pelayanan, terutama agar wajib pajak merasa mudah untuk memenuhi kewajibannya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru