Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Harapkan Pemerintah Pusat Mandatkan Penanganan Karhutla Langsung ke Provinsi

  • Oleh Budi Yulianto
  • 19 September 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengharapkan pemerintah pusat memandatkan penanganan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla langsung ke provinsi.

"Kita minta ke pusat agar penanganan Karhutla ini cukup diserahkan ke pemerintah daerah," kata gubernur seusia rapat penanganan tanggap darurat Karhutla, Kamis 19 September 2019.

Dia menuturkan jika usulannya itu disetujui, maka anggaran penanganan akan disiapkan pemerintah daerah. Tinggal nanti dukungan dari pusat apakah dalam bentuk peralatan atau lainnya.

Permintaan ini disampaikan berdasarkan pengalaman dalam penanggulangan Karhutla. Di tahun ini, apel siaga Karhutla dilakukan saat sudah ada sejumlah titik api meski belum parah.

"Seharusnya 2 bulan sebelum kemarau itu sudah ada kesiapan. Baik pelatihan SDM, imbauan tidak melakukan pembakaran, peralatan pada roda 2, 4 atau lebih," ungkapnya.

Selain itu pemerintah daerah juga lebih mengenal medan di lapangan dan lebih memudahkan dalam memanage anggaran. Termasuk juga meminta kabupaten hingga ke tingkat desa untuk ikut ambil bagian mencegah Karhutla sejak dini.

Oleh sebab itu gubernur menyebut bencana Karhutla tahun ini harus menjadi pengalaman berharga, sehingga ke depan tidak terjadi lagi. (BUDI YULIANTO/ADV/B-6)

Berita Terbaru