Sebagian Kawasan Taman Nasional Sebangau Wilayah III Katingan Terbakar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 September 2019 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebagian kawasan Taman Nasional atau TN Sebagau wilayah III di Kabupaten Katingan dilaporkan terbakar pada musim kemarau tahun 2019 ini.

Kepala Seksi Pengelolaan TN Sebangau wilayah III Katingan, Ferie Ariessandy, Kamis, 19 September 2019, selain di kawasan resort Mendawai Kecamatan Mendawai, kawasan yang terbakar juga berada di wilayah resort Baun Bango, Kecamatan Kamipang.

"Kalau yang masuk resort Baun Bango itu sudah berhasil kita padamkan," kata, Ferie Ariessandy, Kamis, 19 September 2019.

Menurutnya, luasan kawasan TN Sebagau di resort Baun Bango itu seluas sekitar 4 hektare.

Dia mengaku belum tahu penyebab kebakaran di wilayah itu. Namun dugaan sementara karena ulah manusia. Pasalnya, kawasan yang terbakar ini tidak jauh dari perbatasan dengan kawasan TN Sebangau wilayah I Palangka Raya.

"Setelah kita cek ke lokasi saat pemadaman kemarin, ada dua buah pondok semi permanen di dekat areal terbakar yang masuk kawasan TN Sebagau wilayah III Katingan itu. Dan ada jalan setapak yang tembus sampai km 24 Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya," sebut Ferie Ariessandy.

Pihaknya juga sudah memasang pengumuman pada pondok dekat areal terbakar itu, bahwa sekitar tempat tempat tersebut masih masuk kawasan TN Sebangau wilayah III Katingan.

"Kita belum tahu pelakunya, yang pasti saat kami di TKP memadamkan api pondok itu dalam keadaan kosong. Dugaan kita, ada warga yang sengaja membakarnya entah itu pemancing atau warga yang sedang berburu," ucapnya.

Sementara kebakaran kawasan TN Sebangau di resort Mendawai, disebutkan api berasal dari Desa Bakung Raya, Kecamatan Katingan Kuala, lalu merembet sampai ke Kecamatan Mendawai. Namun kebakaran di wilayah resort Mendawai ini belum diketahui luasannya.   

Ferie mengakui jika saat ini TN Sebangau wilayah III Katingan tengah dikepung api.

Berita Terbaru