Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lingkungan Kurang Sehat Bisa Jadi Penyebab Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 19 September 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan, lingkungan yang kurang sehat bisa menjadi salah satu faktor penyebab stunting. Untuk itu, pentingnya menjaga lingkungan agar tetap sehat.

"Stunting itu bukan ujuk-ujuk langsung terjadi, tetapi disebabkan lingkungan yang kurang baik," kata Windu Subagio, Kamis, 19 September 2019.

Dia menambahkan, sanitasi juga berpengaruh terhadap perkembangan stunting di suatu wilayah. Dia pun berpesan kepada masyarakat perlunya menjaga kebersihan lingkungan.

"Salah satunya adalah dengan cara kita membuang sampah, terutama sampah plastik. Sampah ini proses hancurnya sangat lama dan itu tidak lenyap. Tetapi menjadi partikel-partikel kecil yang apabila larut dibawa air sungai dan laut akan dimakan ikan," ujar Windu.

Dia menambagkan, ikan yang memakan partikel dari sampah plastik ini kembali kita makan, dan ini bisa menjadi salah satu penyebab stunting. Jadi stunting ini tidak langsung terjadi, tetapi ada proses yang panjang.

Windu Subagio juga berpesan agar ibu rumah tangga bersikap lebih baik lagi, setelah mengetahui faktor-faktor tentang penyebab stunting.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara, sebanyak 23 persen masyarakat di Kabupaten Sukamara menderita stunting. Angka tersebut berada di atas standar WHO yakni 20 persen. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru