Tim Karhutla Barito Timur Kurang Dukungan oleh Perusahaan

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 19 September 2019 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Tim pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Barito Timur hingga saat ini belum mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan.

Padahal saat ini di wilayah Barito Timur banyak terjadi kebakaran lahan di wilayah perusahaan. Contohnya di wilayah Desa Murutuwu tepatnya pinggir jalan houling PT BNJM, batas wilayah HGU PT KSL, PT Indopenta, dan PT SSC pada Kamis 19 September 2019.

"Kebakaran lahan itu dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.15 WIB api baru bisa dipadamkan," ucap Babinsa 1012-04 Telang Serka Brik P.

Dalam pemadaman tersebut selain tim Karhutla Barito Timur dari TNI, Polri, Manggala Agni dan DLH Bartim juga dibantu dari pihak Kecamatan Paju Epat, Desa Murutuwu, Juru Banu dan Telang Baru serta dibantu relawan dari masyarakat berjumlah 27 orang.

Dalam pemadaman pihaknya hanya memiliki perlengkapan seperti 1 unit mobil tangki pemadam, spayer 12 buah, parang, dan 1 mesin pompa air. Kondisi ini sangat kurang dalam melakukan pemadaman.

"Kebakaran hutan dan lahan itu menghanguskan kurang lebih kawasan hutan sekitar 60 hektare dan perusahaan yang memiliki alat pemadaman tidak ikut turun membantu sehingga suplai air sangat kurang," akunya. (PRASOJO/B-6)

Berita Terbaru