Hotel Dandang Tingang akan Jadi Rumah Oksigen Kalau Karhutla Berstatus Kejadian Luar Biasa

  • Oleh Budi Yulianto
  • 19 September 2019 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hotel Dandang Tingang akan dijadikan sebagai rumah oksigen kalau kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kalteng sampai berstatus kejadian luar bisa (KLB).

Untuk saat ini dengan status tanggap darurat Karhutla, pemerintah provinsi mendirikan rumah oksigen yang tersebar diberbagai titik.

Cara ini dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terdampak kabut asap akibat Karhutla.

"Kalau ada luar biasa, akan ditempatkan di hotel milik pemerintah, Dandang Tingang. Namun untuk saat ini belum sampai kesana," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Kamis 19 September 2019.

Gubernur yang langsung sebagai Komandan Penanganan Tanggap Darurat Bencana Karhutla ini menyebut tetap perlu dilakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan TNI dan Polri dalam hal penanggulangan bencana itu.

Berkaitan dengan penindakan, Polda Kalteng telah menetapkan 84 tersangka terdiri atas 66 perorangan dan 18 koorporasi. Saat ini masih dalam tahap penyidikan.

Mengenai hal tersebut, gubernur akan menyurati bupati dan wali kota untuk mencabut izin koorporasi jika nantinya terbukti melakukan pembakaran. (BUDI YULIANTO/ADV/B-6)

Berita Terbaru