Polda Kalteng Belum Pastikan Kebakaran Lahan PT PGK Penyumbang Asap Terbanyak

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 19 September 2019 - 21:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sampai saat ini pihak Polda Kalteng belum memastikan kebakaran lahan milik PT Palmindo Gemilang Kencana (PGK) sebagai penyumbang kabut asap terbanyak di wilayah Kota Palangka Raya.

"Kalau soal penyumbang asap terbanyak atau tidak, kami belum bisa memastikan," kata Kapolda Kalteng Irjen Ilham Salahudin melalui Irwasda Kombes Benone Jesaja, Kamis 19 September 2019.

Meski begitu PT PGK sebagai penyumbang asap, tapi Irwasda membeberkan luas lahan milik perusahaan perkebunan sawit yang berada di Kelurahan Kameluh, Sebangau ini sekitar 200 hektare dari 1.000 hektare.

"Dari data yang kami miliki ada 200 hektare yang terbakar," ujarnya. Lanjutnya, lahan yang ada kelihatannya akan digunakan untuk menanam sawit, karena di sekitarnya ada tanaman sawit.

Menurut Benone, PT PGK merupakan salah satu dari belasan perusahaan yang terlibat dalam persoalan Karhutla. Semuanya saat ini masih sedang dilakukan penyelidikan dan penyidikan.

"Semoga semua kasus Karhutla yang saat ini ditangani polda maupun jajaran polres bisa diselesaikan dengan baik dan sesuai prosedur hukum yang berlaku," harapnya. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru