Aktivitas di Lahan Milik PT PGK Belum Dihentikan Pasca Lahan Terbakar

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 19 September 2019 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Aktivitas di lahan milik PT Palmindo Gemilang Kencana (PGK) yang terbakar belum bisa dihentikan karena masih proses pengumpulan sampel dari lahan yang terbakar.

"Untuk aktivitas kerjanya belum dihentikan. Hari masih dilakukan pengambilan sampel untuk uji laboratoris dan proses selanjutnya," ujar Kapolda Kalteng Irjen Ilham Salahudin melalui Irwasda Benone Jesaja, Kamis 19 September 2019.

Dalam pengambilan sampel ini pihak kepolisian juga didampingi pihak perusahaan, sehingga belum ada langkah untuk menghentikan aktivitas mereka.

Pengambilan sampel berupa tanah dan gambut dari lahan milik perusahaan yang terletak di wilayah Kelurahan Kameloh Baru, Kecamatan Sebangau kota Palangka Raya ini merupakan satu rangkaian dari proses hukum untuk menemukan titik terang, apakah lahan ini sengaja dibakar atau tidak.

"Sampel-sampel yang diambil hari ini nanti akan diuji. Setelah itu baru bisa diketahui apakah lahan ini sengaja dibakar atau tidak. Pokoknya ini masih satu rangkaian dari proses Hukum," jelasnya.

Diberitakan, lahan milik PT PGK terindikasi terbakar seluas 200 hektare lebih. Lahan yang digunakan untuk perkebunan sawit tersebut seluas seribu hektare lebih. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru