Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sragen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Aspek Penilaian Survei Akreditasi Perlu Diperhatikan Puskesmas

  • Oleh Ramadani
  • 20 September 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Ada tiga apek penilaian yang akan memengaruhi penialaian tim survei untuk akreditasi puskesmas. Hal ini harus jadi perhatian pihak puskesmas.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, H Siswandoyo, Jumat 20 September 2019 mengatakan, ketiga aspek tersebut yakni administrasi, Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).

Dalam penilaian puskesmas, untuk  penilaian administrasi termasuk dari perizinan, kepegawaiannya dan lainnya yang terkait administrasinya.

“Aspek Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) terkait dengan upaya pengobatan, apakah di puskesmas tersebut ada tenaga medisnya, terkait SOP nya,” katanya.

Sementara untuk aspek ketiga terkait Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) pada intinya tim penilai melakukan penilaian terkait bagaimana pekerjaan lintas sektor.  

“Seperti apakah posyandu dilaksanakan dengan benar, pelibatan masyarakat, dukungan dari atasan (Camat), sekolah sekolah tookoh masyarakat dan sebaginya,” kata Siswandoyo.

Plt Kadis Kesehatan juga berharap pada tahun ini 16 puskesmas yang ada di Kabupaten Barito Utara ini semua sudah terakreditasi. Dan pada tahun 2020 ada lagi istilahnya reakreditasi dimana ada tiga puskesmas yang akan di reakreditasi.

Ketiga puskesmas itu adalah Puskesmas Kandui, Puskesmas Sei Rahayu dan Puskesmas Lanjas. “Reakreditasi itu maksudnya adalah untuk melakukan perbaikan-perbaikan atau kekurangan-kekurangannya di tiga Puskesmas tersebut,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru