Dinas Kesehatan Kalteng Bagikan Ratusan Ribu Masker Cegah Dampak Kabut Asap

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 September 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan Kalteng telah membagikan ratusan ribu masker untuk mencegah dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan ke masyarakat. Langkah ini dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam memberikan pelayanan, selain dari upaya penanggulangan karhutla.

“Sampai saat ini, distribusi lostrik yang sudah dibagikan adalah masker berjumlah 513.950 pcs, N95 5.620 pcs, ailin/cendo lyteers tetes mt 164 botol, ventolin nebu 100 nebu dan oxycan 349 botol,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul pada konferensi pers, Jumat, 20 September 2019.

Saat ini, lanjut Suyuti, masih ada beberapa logistik yang tersisa. Di antaranya 77.500 pcs masker, 216 box N95, tabung oksigen 4 buah dan oxycan 31 kaleng. Mengingat saat ini sudah berstatus tanggap darurat, pihaknya akan menambah logistik untuk memaksimalkan pelayanan dari sisi kesehatan.

Suyuti menuturkan, bantuan pelayanan kesehatan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat. Belum ada laporan ke pihaknya terkait bantuan dari perusahaan yang ada di Kalteng meskipun mendengar akan ada upaya membantu hal tersebut.

Di sisi lain, Suyuti juga mengingatkan harus melapor ke pihaknya jika ada pihak yang ingin ikut serta mendirikan pelayanan kesehatan. Hal ini dimaksud untuk memastikan tenaga kesehatan benar-benar profesional.

“Semuanya wajib lapor. Tidak boleh sendiri karena itu berkaitan dengan kesehatan. Nah tenaga kesehatan kita juga cukup dalam mengatasi masalah ini,” tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru