Ini Kronologi Pelaku Bakar Lahan di Mantangai hingga Diamankan Polisi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 September 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Polisi mengamankan seorang terduga pelaku bakar lahan berinisial SK (64), menyebabkan sekitar 1 hektare lahan terbakar di Dusun Tanjung Jaya, Desa Muroi Raya Kecamatan Mantangai.

Kapolres Kapuas AKBP Tejo Yuantoro membeberkan kronologi kejadian pembakaran lahan itu terjadi pada Agustus lalu, hingga kini diamankan polisi.

"Kejadian itu berawal saat petugas Kepolisian melaksanakan patroli pembakaran lahan, menemukan lahan yang terbakar. Kemudian dilakukan penyelidikan hingga akhirnya diamankan pelaku berinisial SK," ucap AKBP Tejo Yuantoro saat pers rilis pada Jumat, 20 September 2019.

Lebih lanjut dia menyebutkan dari pelaku diamankan barang bukti berupa satu buah korek api mancis warna putih, dan dua potong kayu terbakar di lokasi kejadian. "Untuk pelaku dan barang bukti sudah diamankan guna proses lebih lanjut.

Kapolres menuturkan pembakaran lahan itu dari pengakuan pelaku bertujuan untuk menanam kelapa sawit dan membuat pondok seng juga menanam sayuran.

"Tetapi kembali lagi kami ingatkan bahwa saat ini kondisi tidak memungkinkan untuk membakar lahan karena musim kemarau yang bisa mengakibatkan munculnya kabut asap," jelasnya.

Pelaku dikenakan Pasal 187 ayat 1 KUHP, atau Pasal 108 Jo Pasal 69 Ayat 1 Huruf H undang-undang nomor 32 Tahun 2009, tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru