Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Kemarau Petani di Katingan Tunda Masa Tanam Padi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 September 2019 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Petani di wilayah Kabupaten Katingan harus menunda musim tanam Oktober - Maret atau Okmar karena dampak kemarau panjang menyebabkan sawah mereka mengalami kekeringan.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan, Yosy, Jumat, 20 September 2019 membenarkan jika petani di wilayahnya saat ini menunda musim tanam padi untuk Okmar itu.

Menurut Yosy, yang didampingi Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Samsu Aidi dan Kasi Produksi TPH, Yosua Bawan, penundaan musim tanam Okmar dilakukan karena sawah-sawah petani sebagian besar mengalami kekeringan akibat musim kemarau tahun ini, terutama pada areal penghasil gabah terbesar di wilayah Kabupaten Katingan, yakni Kecamatan Katingan Kuala.

Biasanya, kata Yosy, petani di wilayah Kecamatan Katingan Kuala bisa tanam dua kali dalam setahun dengan menanam farietas unggul umur iga bulan.

"Untuk musim tanam Asep (April-September) kemarin petani kita tidak mengalami kendala, sehingga mereka bisa panen," katanya.

Namun untuk musim tanam Okmar ini petani terpaksa menunda musim tanam sambil menunggu hujan turun.

Yosy mengatakan, biasanya petani di wilayah Katingan Kuala pada September sudah mulai menanam padi untuk musim tanam Okmar itu. Namun karena kondisi sawah sebagian besar mengalami kekeringan, petani harus menunggu sampai datangnya hujan kembali turun. 

"Ya kalau sampai Oktober nanti hujan belum juga turun, berarti ada pergeseran musim tanam itu," sebutnya.

Padahal, pergeseran musim tanam itu dinilai cukup beresiko, selain masalah cuaca juga munculnya hama dan penyakit yang bisa saja terjadi.

"Sambil kita berharap dalam beberapa hari ke depan ada hujan sehingga petani bisa menanam padi sesuai rencana, tetapi kalau belum ada hujan ya mau tidak mau ada pergeseran musim tanam itu," imbuh Yosy. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru