Kapolda Kalteng : 90% Kebakaran Hutan dan Lahan Akibat Ulah Manusia

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 20 September 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kapolda Kalteng, Irjen Pol Ilham Salahuddin, menegaskan 90 persen penyabab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) akibat ulah manusia.

"90 persen kebakaran hutan dan lahan yang saat ini terjadi itu dilakukan manusia, bukan alam," tegas Ilham Salahuddin di Pangkalan Bun, Jumat, 20 September 2019.

Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Polres Kotawaringin Barat dalam rangka supervisi penanganan karhutla. Kedatangannya disambut langsung Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah dan pejabat lainnya.

Kapolda Kalteng menyampaikan, upaya penanggulangan yang dilakukan yakni, mengedepankan upaya preventif, pemadaman, pencegahan, edukasi,  dan patroli.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan, kebakaran di lahan gambut sangat sulit dipadamkan. Apalagi, itu memerlukan debit air yang banyak.

"Kalau lahan gambut terbakar dan menjadi bara di dalam itu susah dipadamkan, memerlukan curah hujan yang cukup deras," katanya.

Sementara itu, Kapolda Kalteng juga memastikan akan menindak tegas pelaku pembakaran lahan. Dia tidak akan mengintervensi penyelidikan. Baik pelaku perseorangan maupun yang menyeret korporasi.

"Percayalah polisi tidak akan pernah main-main dengan hal ini, presiden aja sudah survei kunjungan ke Riau, masa kita main-main. Kan ini untuk kepentingan kita semua, polisi dan masyarakat semua terganggu akibat kabut asap ini," tutupnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru