Kabut Asap Masih Selimuti Wilayah Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 September 2019 - 19:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kabut asap masih menyelimuti wilayah Kabupaten Katingan, Jumat, 20 September 2019. Kemunculan kabut asap ini karena diduga kebakaran hutan dan lahan masih terjadi.

Berdasarkan pantauan, kabut asap terlihat di Kasongan. Namun pada pagi hari kabut asap ini lebih tebal dibanding siang hari. 

Jarak pandang di Kasongan dan sekitarnya juga masih tembus hingga 500 meter di siang hari bahkan lebih. 

"Kecuali kebakaran hutan dan lahan sudah tidak ada lagi, mungkin saja kabut asap akan sirna, tapi kalau belum ya masih saja wilayah kita diselimuti kabut asap," kata Agus, warga Kasongan.

Menurut Agus, musim kemarau tahun 2019 ini dinilai cukup lama. Bahkan ada prediksi akan berlangsung hingga November 2019.

"Kemarau yang sudah berjalan ini lebih dua bulan, tapi kalau sampai November berarti kemarau empat bulan. Kalau hutan dan lahan masih ada yang terbakar, mungkin saja kabut asap semakin tebal," imbuhnya.

Informasi terhimpun, kebakaran di hutan dan lahan di beberapa wilayah di Kabupaten Katingan masih terjadi.

Seperti di Desa Talian Kereng Kecamatan Katingan Hilir dan lahan tepi jalan antara Kereng Pangi menuju Baun Bango juga masih berlangsung. Kemudian titik api juga masih berada di wilayah Kecamatan Mendawai. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru