Kepala Desa Lawang Uru Dukung Ritual Pakanan Sahur

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 20 September 2019 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Desa Lawang Uru, Hermanus sangat menghormati dan mendukung ritual adat pakanan sahur yang dilakukan oleh sebagian warganya di Kampung Lawang Uru Lama, sejak Rabu 18 September 2019.

"Secara moril saya sangat mendukung kegiatan itu. Tidak pernah melarang dan lain sebagainya," ujar Hermanus saat diwawancarai borneonews.co.id di kediamannya, Jumat 20 September 2019.

Dia menyebut acara yang digelar tersebut bagus. "Itulah keyakinan atau kepercayaan mereka. Tidak ada yang melarang," sebutnya.

Sementara itu berkaitan dengan keterlibatan langsung aparat desa dan pejabat pemerintahan lainnya dalam ritual tolak bala tersebut, kades mengatakan secara prosedural panitia sejak awal sudah sama sekali tidak melibatkan pihak pemerintahan desa dalam kepanitiaan.

"Kalau kami mau mengambil bagian dengan menggunakan keuangan desa tidak bisa. Karena prosedurnya tidak ada, karena ini uang negara dan harus ada prosedur pengeluarannya," jelasnya.

Dia menambahkan jika panitia meminta sumbangan, maka itu sebagai pribadi dan tidak menjadi masalah.

Tapi jika yang dimaksudkan adalah menggelontorkan keuangan desa, maka harus ada mekanismenya dan itu yang tidak dilakukan oleh panitia.

"Bahkan sejak awal pertemuan dilakukan kami tidak pernah dilibatkan. Undangannya saya terima, tapi isinya saya sebagai warga, bukan kades," tandasnya. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru