Polres Kapuas Turunkan Mobil Water Cannon Bantu Pemadaman Kebakaran Lahan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 September 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Polres Kapuas menurunkan mobil armored water cannon (AWC) untuk membantu pemadaman kebakaran lahan di Jalan Pemuda sekitar km 4, Kuala Kapuas, Sabtu, 21 September 2019 siang.

Mobil itu digunakan mengingat tidak adanya sumber air di sekitar lokasi kejadian. Sehingga perlu mengangkut air terlebih dahulu sebelum menyiramkannya.

Api yang membakar semak belukar dan batang padi yang sudah dipanen itu cepat meluas karena angin cukup kencang. Bahkan api sempat mengepung salah satu rumah kosong di lokasi itu.

Beruntung mobil AWC itu tiba disusul oleh pemadam kebakaran Kapuas, BPBD, instansi terkait dan relawan serta masyarakat lainnya yang membantu memadamkan api tersebut.

"Iya, api tiba-tiba saja muncul kayaknya dari tengah semak-semak," ucap salah satu warga, Adli di sekitar lokasi kejadian.

Tim gabungan langsung berupaya memadamkan api tersebut dengan peralatan pompa dan selang yang sudah dipersiapkan, hingga api berhasil dikuasai.

"Iya, tadi kami langsung kerahkan mobil AWC untuk membantu padamkan kebakaran. Karena sumber air cukup jauh dari lokasi, ditambah personel lainnya ke lokasi membantu," kata Kabag Ops Polres Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru