Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Harus Ada Agenda Rutin Kegiatan Seni dan Budaya

  • Oleh Naco
  • 22 September 2019 - 10:18 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua Sementara DPRD Kotawaringin Hj Darmawati mendukung adanya gagasan kegiatan seni dan budaya di Kotim rutin digelar. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus ada agenda rutin kegiatan seni dan budaya.

"Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sebagai instansi teknisnya, mereka harus ada agenda rutin," kata dia, Minggu, 22 September 2019.

Seperti mengadakan lomba seni dan budaya, karena dengan itu sanggar hingga kegiatan ekstrakulikuler seni dan budaya di sekolah-sekolah itu bisa eksis dan hidup.

"Setidakya dalam setahun itu ada 2-3 kali lomba. Kasihan mereka berlatih namun di mana mereka menyalurkannya. Kalau demikian perlahan pelaku seni dan budaya kita akan hilang," ucapnya.

Darmawati mengaku miris, selama ini pelaku seni dan budaya di Kotim ini bertahan karena masih ada kegiatan masyarakat yang menggunakan jasa mereka, seperti di acara perkawinan dan seremonial lainnya.

Dari itu, kata dia, pemerintah harus memberikan wadah bagi mereka, karena melalui mereka inilah nanti kesenian dan kebudayaan daerah bisa terus dipertahankan.

"Terus terang saya tidak ingin budaya kita justru kalah dengan budaya dari luar," tegas Politisi Partai Golkar ini.

Darmawati dalam waktu dekat ini berencana akan menggandeng Fordayak Kabupaten Kotim untuk menggagas pergelaran seni dan budaya daerah.

"Kalau pemerintah tidak memberikan ruang nanti saya akan turun sendiri melakukannya," tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru