Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Marcos Tuwan Terpilih sebagai Ketua KONI Kalteng Hasil Musorprovlub

  • Oleh Budi Yulianto
  • 22 September 2019 - 10:54 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Marcos Tuwan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua KONI Kalteng berdasarkan hasil musyawarah olahraga provinsi luar biasa atau Musorprovlub yang digelar di Palangka Raya pada Sabtu, 21 September 2019.

"Cuma ada 1 orang yang masuk dalam penjaringan. Kebetulan saya sendiri lalu ditetapkan secara aklamasi," kata Marcos, Sabtu malam.

Musorprovlub tersebut digelar tanpa dihadiri pengurus KONI Pusat. Menyikapi hal ini, Marcos menjelaskan bahwa terdapat dua jenis musyawarah dalam KONI. 

"Musyawarah biasa (Musorprov) dan luar biasa (Musorprovlub). Lalu dalam musyawarah itu tidak ada nomenklatur yang menyatakan bahwa harus minta izin atau minta rekomendasi dari pusat," 

"Artinya, musyawarah tingkat provinsi itu hak provinsi atau daerah yang bersangkutan. Cuma etikanya, meminta rekomendasi atau tidak. Itu etika," jelasnya. 

Marcos juga menyebut bahwa Musorprovlub tersebut diakuinya bukan keinginannya. Tapi keinginan tim pengusul. "Bukan saya inisiasi disini. Inisiasi ada banyak cabor lalu memang keinginan mereka," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pengurus KONI yang sudah ada sebelumnya juga akan menggelar Musorprov. Rencananya berlangsung di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Saat ditanya bagaimana menyikapi jika nanti terdapat dua ketua 

Menurut Marcos, dalam ADRT, jika terjadi suatu permasalahan di antara anggota KONI, ada badan yang menyelesaikannya yakni BAORI (Badan Arbitrase Olahraga Indonesia) Pusat.

"Jadi yang menyatakan legal, tidak legal bukan KONI. Tapi BAORI yang berhak menyatakannya," ungkapnya.

Marcos berpendapat bahwa Musorprovlub yang telah digelar dan menghasilkan dirinya sebagai ketua adalah legal.

Berita Terbaru