Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Barito Utara Gelar Senam Gemu Fa Mire Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia

  • Oleh Ramadani
  • 22 September 2019 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk KB dan P3A) Kabupaten Barito Utara mengadakan senam Gemu Fa Mire (Maumera) serentak di 34 provinsi kabupaten dan kota seluruh Indonesia, Minggu 22 September 2019. Senam ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia.

Di Barito Utara senam Maumera diikuti oleh masyarakat, pegawai, mitra kerja Disdalduk KB dan P3A.

Kepala Disdalduk KB dan P3A Barito Utara, Siti Nornah Iriawati mengatakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di Indonesia telah menorehkan sejarah panjang dalam pembangunan nasional.

“Selama 40 tahun terakhir program keluarga berencana di Indonesia telah menurunkan secara berarti angka kelahiran rata-rata dari 5,6 anak per wanita usia subur pada akhir tahun l960-an menjadi 2,6 pada 2012 dan di 2017 menurun menjadi 2,4 anak per wanita,” katanya.

Saat ini program KKBPK telah menjadi salah satu program prioritas pemerintah. Berdasarkan hasil survey demografi dan kesehatan Indonesia (SDKI) angka kelahiran total (TFR) secara nasional cenderung menurun dari 2,6 (SDKI 2012) menjadi sekitar 2,4 anak per perempuan usia reproduksi (SDKI 2017).

Walau TFR masih belum sepenuhnya mencapai sasaran pembangunan bidang kependudukan dan KB. Dikatakan, keberhasilan pencapaian program keluarga berencana sangat ditentukan oleh kesetaraan masyarakat terutama dalam hal ini Pasangan Usia Subur (PUS) dalam ber KB.

Di sampingi peningkatan jumlah peserta KB baru, komitmen dari peserta KB aktif juga perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan peningkatan angka putus pakai dalam ber KB.

“Kesetaraan ber KB ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Dan untuk terus meningkatkan komitmen masyarakat dalam berKB diperlukan pula adanya dukungan berbagai pihak terkait,” katanya.

Ia mengucapan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat dan mitra atas terjalinnya kemitraan selama ini. Hasilnya memberi warna baru terhadap pencapaian KKBPK di Barito Utara. (RAMADHANI/B-B)

Berita Terbaru