Kapolsek Mantangai akan Libatkan Perusahaan Tanggulangi Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 September 2019 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kapolsek Mantangai AKP Dhani Sutirto merencanakan akan membentuk tim pemburu api dengan melibatkan pihak swasta atau perusahaan untuk menanggulang kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Menurutnya kerja sama lintas sektor sangat diperlukan untuk menangani Karhutla, sehingga bisa terlaksana optimal.

"Karena saya baru bertugas di sini, maka rencana ke depan nanti akan saya kumpulkan pihak perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Mantangai usulkan akan kita bentuk tim pemburu api," ucap AKP Dhani, Minggu 22 September 2019.

Terkait mekanisme nanti seperti apa? masih akan dibahas, tapi yang jelas pembentukan tim pemburu api akan sepenuhnya diserahkan ke pihak perusahaan.

"Tapi nanti tidak hanya lingkup area kerja perusahaan saja tim itu akan bergerak, tapi juga di luar. Tapi tetap mereka yang bentuk tim dengan melibatkan masyarakat setempat," tuturnya.

Pihaknya akan terus melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak Karhutla agar semua paham dan tidak melakukannya.

"Saat ini dari desa ke desa sudah disambangi lewat Bhabinkamtibmas dan sudah kami sosialisasikan baik itu dampak maupun sanksinya. Kami harapkan ini bisa meminimalisasi terjadinya Karhutla," tegasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru