Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Mantangai Apresiasi Polres Kapuas Tangkap Pelaku Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 September 2019 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Warga Kecamatan Mantangai mengapresiasi jajaran Polres Kapuas yang telah menangani 6 kasus kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla serta nenangkap pelakunya.

Apresiasi ini disampaikan Lambri, warga Kecamatan Mantangai saat menghadiri pers rilis pengungkapan Karhutla di Polsek Mantangai, Minggu 22 September 2019.

Menurut Lambri yang juga selaku perangkat desa ini untuk Karhutla menjadi momok dari 2015 sampai sekarang ini khususnya di wilayah Mantangai, sehingga perlu perhatian.

"Jadi untuk Karhutla ini kami bangga kepada kepolisian telah melakukan pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum yang kami harapkan seperti ini," ucap Lambri saat menghadiri pers rilis di Polsek Mantangai, Minggu 22 September 2019.

Menurutnya penegakan hukun itu perlu dilakikan karena akibat kebakaran yang menimbulkan kabut asap ini timbul beberapa masalah seperti kesehatan, ekonomi terhambat, dan banyak dari kebun masyarakat ikut habis ludes terbakar.

"Biar pelaku yang secara sengaja atau lalai itu adanya efek jera. Itu yang kami harapkan dengan adanya tindakan tegas seperti ini tertangkap tangan ini," katanya.

Selain itu hingga kini dia tetap berharap adanya solusi dari pemerintah agar dalam membuka atau membersihkan lahan tanpa membakar.

"Kami pernah mengusulkan bahwa untuk lahan itu bisa diperbantukan untuk cetak sawah atau ladang sehingga angka karhutla bisa dikurangi," tuturnya.

Lambri juga merasakan sebagai korban dari Karhutla. Dia menceritakan bahwa beberapa hari yang lalu itu terjadi kebakaran hebat di wilayah Mantangai Tengah tepatnya di Handel Sei Asem.

"Jadi di situ melanda kebun sawit saya dengan luas kurang lebih 5 hektar. Itu harapan saya bisa meningkatkan perekonomian. Tapi dengan adanya kebakaran itu malah melumpuhkan ekonomi," tuturnya.

"Jadi kita harapkan dengan adanya rilis seperti ini dan penegakan hukum seperti ini yang kami harapkan dari Polres Kapuas dan Polsek Mantangai," tambahnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru