Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Sebut Persoalan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Bagian dari Kemiskinan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 September 2019 - 13:58 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas menyebut persoalan penyandang masalah kesejahteraan sosial atau PMKS eks pekerja seks komersial atau PSK merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari persoalan kemiskinan.

Hal ini ia sampaikan dalam sambutannya pada deklarasi pembubaran lokalisasi prostitusi yang dirangkai dengan launching pemberian bantuan dan pemulangan penghuni eks lokalisasi di Gedung Salawah Kasongan, Senin, 23 September 2019.

"Hampir semua PSK mengalaskan tindakan dan perbuatannya karena kemiskinan yang membelenggu diri mereka atau keluarga," sebut Bupati.

Karena itu, lanjut Sakariyas, menyelesaikan masalah eks PSK atau PMKS, salah satunya dengan meminimalisasi persoalan kemiskinan di masyarakat.

Kabupaten Katingan, katanya, merupakan daerah yang strategis dengan konektivitas antardaerah yang cukup baik, sebagai penghubung atau jalan lintas antara Provinsi Kalteng dan Kalbar.

Kabupaten Katingan merupakan daerah persinggahan yang ada di Kalimantan Tengah maupun daerah lain di sekitar Kalimantan.

Katingan juga mudah diakses, baik melalui darat maupun sungai. Hal itu berpotensi menumbuhkan permasalahan sosial, khususnya perpindahan PSK dari lokalisasi ke lokalisasi lainnya yang sudah ditutup dan berpindah ke lokalisasi di Kabupaten Katingan.

Menurut Bupsati, rencana pembubaran lokalisasi prostitusi sebenarnya sudah digaungkan sejak 2018. Namun, pada saat itu pemkab mengalami keterbatasan anggaran. Sehingga baru dilaksanakan pada 2019. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru