Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Prediksi Hujan Terjadi di Pangkalan Bun Minggu Akhir September

  • Oleh Wahyu Krida
  • 23 September 2019 - 14:08 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan prediksi  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Pangkalan Bun, potensi hujan terjadi di sekitar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, dalam beberapa hari kedepan atau minggu akhir September.

Kepala BMKG Pangkalan Bun Slamet Riyadi, Senin, 23 September 2019 menjelaskan, sebenarnya potensi turunnya hujan tersebut dimulai sejak hari ini.

"Namun sekitar 26 September hingga akhir bulan, potensi pembentukan awan diprediksi lebih bagus. Untuk hari ini di radar cuaca memang terpantau adanya potensi hujan ringan tidak merata pada siang hari," jelas Slamet.

Menurut Slamet, di wilayah Kalimantan bagian barat, terdapat faktor yang menjadi  pertumbuhan awan hujan.

"Faktor tersebut adanya konvergensi atau pertemuan angin. Pada satelit pemantau di beberapa wilayah di Kalimantan, sebelah barat terdapat awan pembentuk hujan," jelas Slamet.

Walau demikian, lanjut Slamet, hujan yang terjadi beberapa hari ke depan masih tergolong tidak merata atau yang biasa dikenal masyarakat dengan istilah hujan lokal.

"Diprediksi potensi  hujan yang merata akan terjadi pada pertengahan bulan Oktober dengan intensitas ringan. Sedangkan  perubahan dari musim kemarau ke musim hujan dimulai pada pertengahan bulan Oktober," jelas Slamet. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru