Pemprov Kalteng Kembali Sampaikan Penanganan Karhutla di Bumi Tambun Bungai

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 September 2019 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng melalui pejabat di tiga instansi kembali menyampaikan ke awak media terkait penanganan karhutla di Bumi Tambun Bungai, Senin, 23 September 2019.

Yakni bertempat di Media Center, lantai II, kantor gubernur Kalteng. Media center itu didirikan oleh Dinas Kominfo Kalteng atas petunjuk Gubernur Sugianto Sabran agar publik mengetahui secara update perkembangan penanganan dan pencegahan karhutla. 

Tiga narasumber dihadirkan. Di antaranya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kalteng, Mofit Saptono Subagio, Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Rawing Rambang dan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Tjilik Riwut, Anton Budiyono.

Penyampaian ke awak media itu dipandu tim dari Kominfo. Mofit, menyampaikan kondisi terkini terkait bencana Karhutla termasuk jumlah personel yang masih standby bertugas di lapangan. 

Selain itu, Mofit juga menyampaikan jumlah titik hotspot, luasan yang terbakar dan helikopter yang beroperasi baik jenis water bombing maupun patroli.

"Untuk helikopter, totalnya ada 10. 8 di antaranya water bombing, sedangkan 2 sisanya patroli," kata Mofit. 

Sementara itu, Rawing Rambang menyebut jumlah perusahaan yang beroperasi, sedangkan Anton berkaitan dengan kondisi cuaca. 

Sebelumnya, Dinas Kominfo memfasilitasi awak media dengan menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Slamet Winaryo, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul dan Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indriaty. (BUDI YULIANTO/ADV/B-2)

Berita Terbaru