Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

6 Poin Materi Ini Disajikan pada Orientasi Pimpinan dan Anggota DPRD se Kalteng

  • Oleh Budi Yulianto
  • 23 September 2019 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak enam poin materi akan disajikan pada orientasi bagi pimpinan dan anggota DPRD se Kalteng yang digelar di Palangka Raya, Senin, 23 September 2019.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Tengah atau BPSDM Kalteng, Sri Widanarni mengatakan, kegiatan akan berakhir pada Kamis, 26 September 2019. 

Enam poin materi itu di antaranya, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Kedua, pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah. 

Ketiga, fungsi, tugas dan wewenang serta hak dan kewajiban DPRD. Keempat, internalisasi dan integrasi. Berikutnya, hubungan kerja antara DPRD dengan pemerintah daerah dan terkahir, sistem pemerintahan Indonesia.

"Jadi maksud dari orientasi ini dalam rangka sinergisitas dan harmonisasi penyelenggaraan pemerintah daerah antara pemerintah daerah dengan lembaga DPRD kabupaten atau kota," kata Sri Widanarni.

Dia menambahkan, tujuannya adalah mengenalkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah untuk meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan NKRI.

Kemudian, meningkatkan pemahaman tentang ideologi negara, konstitusi, semangat patriotisme, wawasan kebangsaan. 

Terakhir membangun komitmen dan kesepakatan semua pemangku kepentingan agar tercapai pembangunan yang optimal, berkelanjutan di Provinsi Kalteng.

Kegiatan pembukaan yang digelar pada Senin, 23 September 2019 itu dihadiri langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran serta sejumlah pejabat pemerintah lainnya. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru