DPRD Seruyan Dukung Pembentukan Tim Pencegahan Karhutla di Setiap Kecamatan

  • Oleh Reno
  • 23 September 2019 - 22:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Ketua Sementara DPRD Seruyan, Hadinur mendukung pembentukan tim pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di setiap kecamatan.

Dia menyebutkan, terkait bencana karhutla, lebih baik dilakukan upaya pencegahan terlebih dahulu, agar tidak bertambah parah ketimbang dilakukan penanganan.

"Upaya pencegahan memang perlu dilakukan. Dan tentu akan lebih hemat biaya pencegahannya daripada penanganan," kata Hadinur, Senin, 23 September 2019.

Menurutnya, kalangan DPRD Seruyan juga mendukung pembentukan tim pencegahan karhutla di setiap kecamatan. Karena memang jika ada asap itu pasti ada api, makanya terkait dengan ini pasti berbicara tentang upaya pencegahan.

"Efektivitasnya ada dengan dilakukan pembentukan tim penanganan karhutla di setiap kecamatan. Maka dari itu kami mendorong agar dibentuk tim di tiap kecamatan," sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga mendukung pelaksanaan apel siaga karhutla yang dilakukan pemkab, seiring dengan maraknya bencana kabut asap di berbagai daerah saat ini.

Melalui apel siaga tersebut, tentunya bisa membahas terkait dengan berbagai upaya dalam menghadapi bencana kabut asap dan meminimalisasi terjadinya karhutla.

"Jadi terkait dengan karhutla ini memang harus ada komitmen bersama baik itu antara masyarakat untuk pencegahannya," pungkasnya. (RENO/B-11)

Berita Terbaru