Kecepatan Angin Laut Seruyan Capai 140 Knot

  • Oleh Reno
  • 24 September 2019 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sejak musim kemarau ini angin di laut Kabupaten Seruyan terus bertiup kencang, bahkan saat ini kecepatan angin mencapai 140 knot. Akibatnya gelomban laut juga semakin tinggi lantaran angin terus bertiup kencang.

Saat ini ketinggian gelombang mencapai 1,5 - 2 meter. Kondisi ini menyebabkan para nelayan dan pemilik usaha pelayaran kapal barang mengurungkan niat mereka untuk berlayar ke Laut Jawa lantaran resiko yang ditimbulkan cukup besar.

"Memang sesuai perkiraan cuaca dari BMKG (Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika) kecepatan angin sampai 140 knot. Tentu ini sangat membahayakan kapal kecil ketika berlayar," kata Kasat Polair Polres Seruyan Ipti Afif Hasan, Selasa 24 September 2019.

Menurutnya saat cuaca normal angin bertiup hanya kisaran 40-50 knot saja dan saat ini kondisinya sangat tinggi sehingga perlu kewasdapaan terhadap kencangnya angin laut.

"Terutama kepada para nelayan kita imbau supaya tidak pergi melaut dulu ketika angin bertiup kencang, karena resikonya besar. Ini yang perlu kita perhatikan bersama, tetap utamakan keselamatan," jelasnya.

Begitu pula untuk kapal kecil pengangkut barang. Mereka lebih memilih menunggu situasi cuaca kembali normal ketimbang mengambil resiko tetap memberangkatkan kapal dagangannya menuju Jawa.

"Mereka memahami bahwa situasi seperti ini sangat membahayakan dan beresiko. Kita terus melakukan patroli di muara laut dan Sungai Seruyan," pungkasnya. (RENO/B-6)

Berita Terbaru