Lahan Pertanian di Pulang Pisau Terus Diperluas untuk Pertahankan Daerah Lumbung Padi

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 24 September 2019 - 11:12 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Setiap tahun pembukaan lahan pertanian di Kabupaten Pulang Pisau terus diperluas. Hal ini guna mempertahankan Kabupaten Pulang Pisau sebagai salah satu lumbung padi di Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Untung Slamet Rianto mengatakan pembukaan lahan pertanian yang terus diperluas ini juga demi mencapai swasembada pangan. Karena itu merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat.

"Setiap tahun itu lahan pertanian terus diperluas. Saya tidak hapal datanya. Tapi yang pasti luas lahan pertanian selaku nambah," kata Slamet, Selasa 24 September 2019.

Dia menambahkan meski Karhutla sedang melanda, namun tidak mengganggu lahan pertanian di Pulang Pisau.

Slamet mengaku pihaknya terus berupaya membantu apa yang menjadi kebutuhan para petani. "Mulai dari Alsintan, pelatihan untuk para petani dan bantuan lainnya," ucapnya.

Lanjut Slamet, salah satu yang masih dikeluhkan para petani adalah jalan usaha tani. Masih banyak jalan usaha tani yang perlu mendapat perhatian khususnya dalam hal perbaikan.

"Jalan usaha tani ini untuk mempermudah para petani mengangkut hasil taninya. Tentu kami juga sangat mengharapkan agar jalan usaha tani ini bisa baik," tandasnya. (M BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru