Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Apresiasi Upaya Perusahaan dalam Meminimalisasi Karhutla

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 September 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur atau Pemkab Kotim mengapresiasi perusahaan yang membantu meminimalisasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangi Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusuf saat memimpin apel siaga dan simulasi penanggulangan karhutla yang dilaksanakan Musim Mas Group bekerja sama dengan Satgas Siaga Bencana serta Masyarakat Bebas Api (MBA), Senin, 23 September 2019.

"Saya mewakili Pemkab Kotim mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggarannya kegiatan ini. Di mana tujuannya untuk membantu pemerintah dalam menekan angka karhutla di Kotim," ujar M Yusuf dalam rilis yang disampaikan Humas Musim Mas Group, Selasa, 24 September 2019.

Ia berharap, anggota pemadam kebakaran di perusahaan diberi pelatihan secara rutin. Kemudian dilakukan pengecekan peralatan secara berkala. Sebab, semakin sering petugas berlatih, keterampilan mereka dalam memadamkan api dan penggunaan alat akan meningkat.

"Petugas damkar harus selalu siap dan alat juga harus siap. Maka perlu kegiatan pelatihan yang rutin, 2 - 3 kali dalam satu tahun. Sehingga petugas semakin terampil dalam menanggulangi api dan menggunakan alat," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Manggala Agni Kotim Junai menyampaikan bahwa meski saat ini karhutla sudah terjadi dan sedang dilakukan pemadaman,  sosialisasi kepada masyarakat harus terus digaungkan.

"Meskipun saat ini sedang fokus pemadaman, sosialisasi dan pemahaman terkait larangan membakar lahan terus kita sampaikan ke masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, perwakilan BKSDA Kotim Muriansyah menuturkan, pihaknya mengapresiasi Musim Mas Group terhadap kegiatan penanggulangan karhutla yang selalu rutin dilaksanakan. Upaya itu diharapkan mampu menekan angka kebakaran hutan dan lahan di Kotim khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya.

Pemkab Kotim berharap para stakeholder di Kotim dapat saling bahu-membahu dalam mengendalikan karhutla. Khususnya di daerah dekat lahan perkebunan sawit. Kemudian para pemadam kebakaran perusahaan dapat membantu desa terdekat, selain tugas pokok menjaga area perkebunan.

Selain itu, Pemkab Kotim mendukung program dari Musim Mas Group yang telah memberikan penghargaan kepada Masyarakat Bebas Api (MBA) 2019. Total ada 5 desa di Kotim yang dapat menjaga alam dengan tidak membakar lahan.

Berita Terbaru