Kapolres Kotawaringin Timur kembai Pantau Karhutla di Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 September 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapolres Kotawaringin Timur (Kotim) AKBP Mohammad Rommel kembali terjun ke lapangan memantau 3 titik kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Sampit, Selasa, 24 September 2019.

"Saya bersama tim baik dari Satgas Karhutla Polres Kotim dan Satgas Karhutla Kotim masih melakukan pemadaman pada 3 titik kebakaran lahan di Sampit," ujar Rommel, kepasa wartawan.

Saat terjun ke lapangan, dan melakukan patroli di Jalan Pelita Barat, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, dirinya melihat ada sejulah titik api. Bahkan ada yang baru menyala, sehingga dirinya bersama tim langsung berupaya melakukan pemadaman. Agar api tidak meluar ke lahan lainnya. 

"Saat saya ke lapangan, melihat ada titik api yang beru muncul. Sehingga langsung kami padamkan agar tidak meluas, dan juga kami lakukan upaya hukum," kata Rommel. 

Pihaknya saat ini melalui tim Satgas Karhutla Polres Kotim juga terus berupaya melakukan penanggulangan kebakaran lahan. Bahkan terus berupaya meminimalisir api yang membakar lahan, agar tidak terus membesar. Hal itu dilakukan, agar kabut asap di daerah ini tidak terjadi lagi. 

"Kami tidak hanya melakukan upaya penindakan hukum saja, namun kami juga terus berupaya untuk melakukan pemadaman dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan," terang Rommel. 

Saat ini, kualitas udara di Sampit sudah mulai membaik. Namun masih dalam kategori tidak sehat. Terutama pada pukul 14.00 WIB, kualitas udara berada di angka 167,15 mikrogram. (MUHAMMAD HAMIM/B-5 

Berita Terbaru