Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Personel Kodim 1011/Kuala Kapuas Disiagakan terkait Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 September 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Seluruh personel Kodim 1011/Kuala Kapuas dan jajaran terus disiagakan berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla yang masih terjadi.

Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, Selasa, 24 September 2019,  mengungkapkan bahwa karhutla menjadi perhatian serius karena dampak yang ditimbulkan dapat mengganggu kesehatan dan perekonomian.

"Seluruh personel Kodim 1011 disiagakan dalam kegiatan tersebut. Di sini ada tiga Satgas yang bergerak yaitu Manggala Agni, Satgas Siaga Darurat Kapuas, kemudian ada Satgas Gabungan terdiri dari TNI-Polri dan masyarakat yang dikoordinasi oleh BNPB," ungkap Letkol Kav Bambang.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan semua tim saling menutupi dalam melaksanakan penanggulangan karhutla.

"Contohnya seperti ini, mungkin di Satgas Gabungan ada 14 pos lapangan di setiap kecamatan. Kemudian Manggala Agni ada pos lapangan juga, jadi itu menutupi semua wilayah, tapi tetap komandonya ada di BPBD," tuturnya.

Selain itu, dia menjelaskan terkait mekanisme deteksi karhutla lewat titik panas dan penanganannya melalui pos induk di BPBD Kapuas.

"Untuk proses mekanisme apabila ada kebakaran di satu titik akan ada tim groundcheck," jelasnya.

"Kita sudah ada grup WhatsApp di dalamnya juga ada kades dan camat. Bila ada titik api bisa dilaporkan, anggota kami akan melakukan groundcheck bersama dengan polisi, dan BPBD," lanjutnya.

Penelusuran titik panas menggunakan GPS, terhubung dengan satelit. Sehingga terpantau titik koordinatnya. "Kita berharap karhutla dapat terus ditekan angka kejadiannya," sebut Dandim. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru