Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dandim Kuala Kapuas Sebut Sumber Air Jadi Kendala Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 September 2019 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dandim 1011 Kuala Kapuas, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono menyebutkan keterbatasan sumber air menjadi kendala dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. 

"Kendalanya air. Untuk kepedulian pemerintah terhadap pemadaman karhutla sudah sangat tinggi," kata Bambang Kristianto Bawono, Selasa, 24 September 2019.

Dia memberikan contoh bahwa saat ini masing-masing desa rawan karhutla sudah dilengkapi dengan satu unit tossa atau kendaraan roda tiga yang di dalamnya ada mesin pompa dan pompa air terapung.

"Sampai polres juga menyiapkan mobil AWC. Bahkan tangki mobil tinja disiapkan dari Dinas PUPR Kapuas buat itu," katanya.

Tetapi, kendalanya memang di keterbatasan sumber air. Adapun solusi terbaik dari BNPB agar helipad disiapkan di wilayah Palingkau, Kecamatan Kapuas Murung.

"Kalau memang itu sudah siap atau dilaksanakan akan memudahkan pemadaman karhutla, karena banyak akses yang sulit dijangkau. Di sana juga banyak titik api, khususnya Mantangai," tuturnya.

"Kendati adanya keterbatasan itu, tim terpadu tetap akan terus melakukan penanganan dan penanganan karhutla," tegasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru