Bupati Barito Utara Sampaikan Nota Keuangan APBD Perubahan 2019

  • Oleh Ramadani
  • 24 September 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara  H Nadalsyah menyampaikan nota keuangan perubahan APBD Barito Utara tahun anggaran 2019, pada rapat paripurna di DPRD, Selasa, 24 September 2019.

Dia mengatakan, penyampaian itu sesuai amanat UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Keuangan Negara maupun UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Yakni, sebelum APBD perubahan ditetapkan, pemerintah daerah terlebih dahulu menyampaikan Raperda APBD dan Nota Keuangan Perubahan kepada DPRD.

“Penyampaian Raperda APBD dan nota keuangan perubahan APBD 2019 merupakan agenda tahunan, sebagai manivestasi dari siklus anggaran yang memiliki nilai sangat strategis bagi kelangsungan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pembinaaan kemasyarakatan,” kata bupati Nadalsyah, Senin kemarin.

Menurut Nadalsyah, dalam perubahan APBD Barito Utara tahun anggaran 2019 berpegang pada prinsip bahwa perubahan APBD ini tidak mengubah kebijakan yang telah disepakati bersama, sebagaimana tercantum dalam perda nomor 33 Tahun 2018 tentang APBD Kabupaten Barito Utara 2019.

Kemudian perubahan APBD tetap menganut prinsip anggaran berbasis kinerja. Setelah perubahan APBD yang telah ditetapkan dan disahkan oleh pejabat yang berwenang, tidak diperkenankan adanya perubahan maupun pergeseran anggaran atau revisi.

Dalam rangka menjabarkan program dan kegiatan yang termuat dalam perubahan APBD Kabupaten Barito Utara tahun 2019  tetap merespon berbagai kebijakan anggaran 2019, yang termuat dalam KUPA dan PPAS Perubahan APBD.

“Pada dasarnya perubahan APBD Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2019 perlu dilakukan untuk menyempurnakan dan memantapkan kegiatan pada anggaran pendapatan belanja dan pembiayaan sesuai kesepakatan bersama antara eksekutif dan legislatif, agar kegiatan yang dilaksanakan mencapai target dan sasaran,” jelasnya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru