Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Intervensi Pemerintah Terlalu Besar Menghambat Daya Kreativitas di Desa

  • Oleh James Donny
  • 24 September 2019 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Intervensi pemerintah yang terlalu besar dinilai dapat menghambat daya kreativitas dan inovasi di desa. Itu dikatakan plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pulang Pisau, Halidi saat menghadiri ekspos Awal Kajian Potensi Pengembangan BUMDes, Selasa, 24 September 2019.

Dia mengatakan, pengembangan basis ekonomi di pedesaan sudah sejak lama dijalankan pemerintah melalui beberapa program. Namun masih belum maksimal dan memuaskan. 

Sejumlah faktor kata dia menjadi penyebab kurang berhasilnya program-program tersebut, salah satu di antaranya karena ada intervensi dari pemerintah yang terlalu besar.

"Itu justru menghambat daya kreativitas dan inovasi masyarakat desa dalam mengelola dan menjalankan mesin ekonomi di pedesaan," katanya. 

Sistem dan mekanisme kelembagaan ekonomi di pedesaan yang tidak berjalan efektif, berimplikasi pada ketergantungan terhadap bantuan pemerintah, yang pada akhirnya mematikan semangat kemandirian. 

Salah satu program pengembangan ekonomi perdesaan adalah melalui pembentukan BUMDes.

"Sampai sekarang BUMDES masih belum menunjukkan kemajuan yang berarti, sehingga belum berdampak kepada peningkatan aktivitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa, termasuk di desa-desa Pulang Pisau," kata Halidi.

Sehinggam perlu ada kajian tentang strategi pengembangan BUMDes agar ke depan mampu mengangkat pengembangan ekonomi perdesaan.(JAMES DONNY/B-11)

Berita Terbaru