Tim Masyarakat Peduli Api Rimba Sari Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan

  • Oleh Ramadani
  • 24 September 2019 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Tim Masyarakat Peduli Api (MPA) Rimba Sari harus berjibaku memadamkan kebakaran lahan di wilayah desa eks UPT transmigran, perbatasan Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya, Selasa, 25 September 2019.

Api sempat berkobar dengan besar, sehingga membuat warga setempat cemas. Beruntung MPA Rimba Sari sigap dalam memadamkannya sehingga kebakaran tidak meluas.

“MPA Desa Rimba Sari memadamkan api di lahan perkebunan. Diduga kebakaran lahan dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab. Ini sangat merugikan warga lain dan bisa menimbulkan dapak kabut asap,” kata mantan Kepala Desa Rimba Sari, Kurniadi.

Kurniadi tak menyebutkan pihak yang dicurigai membakar lahan di Desa Rimba. Tapi dia memastikan luas lahan yang sempat terbakar sekitar 1,5 hektare.

“Berkat kesigapan tim MPA, api tidak merambat ke permukiman wawrga,” kata Kurniadi.

Dia juga mengharapkan agar masyarakat tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. Karena dampaknya memunculkan kabut asap yang merugikan masyarakat.

“Karena kabut asap ini, sangat merugikan semua sektor. Baik kesehatan, pendidikan, pembangunan, tansportasi, dan lain-lain,” ujarnya. (RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru