Di Kasongan Ada Mobil Oksigen Keliling Layani Pasien Sesak Nafas

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 September 2019 - 11:22 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sudah beberapa hari terakhir mobil operasional Puskesmas II Kasongan Kecamatan Katingan Hilir diperuntukkan sebagai mobil oksigen melayani pasien sesak nafas.

Rabu, 25 September 2019 hari ini mobil oksigen ini tampak mangkal di jalan komplek perkantoran Pemkab Katingan tepatnya sekitar Bundaran Durian Kasongan.

Ada dua petugas kesehatan tampak berjaga menunggu warga yang hendak berobat maupun menggunakan oksigen sebagai dampak kabut asap.

Selain oksigen dan obat-obatan, di dalam mobil oksigen ini juga menyiapkan masker untuk masyarakat yang membutuhkan. Layanan kesehatan dan oksigen ini gratis bagi masyarakat secara umum maupun pegawai.

Pun demikian masker yang dibagikan secara cuma-cuma. "Iya kami setiap harinya pindah-pindah tempat, kemarin di belakang kantor Bupati Bupati dan hari ini di sekitar Bundaran Durian," sebut Linarno, petugas kesehatan saat berjaga di mobil oksigen.

Menurut Linarno yang didampingi petugas kesehatan lainnya, Arbaini, hari ini ada satu pasien yang menggunakan oksigen, yaitu dari pegawai Inspektorat Kabupaten Katingan. "Tadi ada satu pasien yang oksigen karena sesak nafas, yaitu pegawai Inspektorat," katanya.

Selain itu ada juga warga yang meminta masker dan minta diperiksakan tekanan darah. Linarno mengaku mobil oksigen yang beroperasi di wilayah Kasongan dan sekitarnya guna membantu masyarakat yang terkena sesak nafas akibat kabut asap ini sudah berlangsung beberapa hari terakhir.

"Yang jelas kami bekerja sesuai petunjuk atasan dalam hal ini kepala dinas kesehatan, termasuk soal tempat yang akan dikunjungi," imbuhnya.

Sementara itu dari pantauan borneonews.co.id, cuaca di Kota Kasongan dan sekitarnya sejak pagi hingga berita ini ditulis tampak cerah. Matahari juga tampak bersinar terang. Namun kabut asap tipis masih terlihat.

Berita Terbaru