Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kabut Asap di Kasongan Hari ini mulai Tipis

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 September 2019 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kabut asap di Kota Kasongan, Kabupaten Katingan, hari ini (Rabu, 25 September 2019), mulai tipis, tidak seperti hari-hari sebelumnya.

Sejak subuh hingga tengah hari, kabut asap di Kasongan dan sekitarnya memang masih terlihat, namun tidak setebal sebelumnya.

Meski kabut asap menipis, wilayah Kabupaten Katingan belum diguyur hujan.

Warga Kasongan menduga, menipisnya kabut asap hari ini disebabkan adanya tiupan angin sejak kemarin sore hingga siang hari ini.

"Dugaan kita menipisnya kabut asap di Kasongan ini bukan karena titik api padam, tapi karena adanya tiupan angin yang terus terjadi sejak kemarin sore sampai sekarang. Sehingga kabut asap dari wilayah kita ini mungkin saja berhembus ke daerah lain," ucap Wawan, warga Kasongan.

Namun, Wawan menyebut, bisa saja kabut asap kembali menebal jika tiupan angin berkurang. Pasalnya, saat ini kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan masih saja terjadi. Misalnya, kebakaran lahan di jalan Kasongan arah Desa Talian Kereng. Kemudian jalan dari Kereng Pangi arah Baun Bango.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan Ahmad Rubama, mengakui jika saat ini kebakaran hutan dan lahan di daerahnya masih terjadi.

Menurutnya, selain melalui darat, pemadaman karhutla juga dilakukan lewat udara yaitu melalui armada helikopter yang mengebom air di Desa Talian Kereng dalam beberapa hari terakhir. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru