Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Teluk Bintuni Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Focus Group Discussion untuk Menjalin Koordinasi Bersama Aparat Desa dan Masyarakat

  • Oleh Norhasanah
  • 25 September 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Focus Group Discussion (FGD) pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Kabupaten Sukamara dibentuk untuk menjalin koordinasi bersama aparat desa dan masyarakat.

"Kegiatan FGD seperti ini sangat bagus  untuk mejalin koordinasi dengan aparatur perdesaan, tokoh masyarakat atau stakeholder untuk membahas permasalahan yang lagi tren saat ini. Seperti halnya tentang karhutla," ucap Kapolres Sukamara AKBP Sulistiyono, Rabu, 25 September 2019.

Selain membahas masalah hukum bagi pembakar lahan, FGD juga mengangkat materi mengenai pencegahan dan penanggulangan karhutla di wilayah hukum Polres Sukamara.

"Selain itu, kita juga menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa dampak yang ditimbulkan akibat asap kebakaran bagi tubuh. Sehingga saat mereka memahami ini kita harapkan masyarakat bisa menjadi lebih sadar," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sukamara Windu Subagio berharap melalui kegiatan tersebut, dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai larangan membakar hutan dan lahan, serta menyamakan persepsi dalam menjaga lingkungan.

"Mudah-mudahan dalam forum ini bisa menyatukan persepsi untuk mengambil langkah-langkah terbaik dalam menghadapi karhutla di Kabupaten Sukamara," harapnya.

Focus group discussion juga diharapkan dapat membawa dampak pengurangan terhadap kasus bencana karhutla. "Kita berharap ada langkah yang dapat mengatasi karhutla di wilayah kita, walaupun saat ini alhamdulillah sudah mulai menipis," sebut Windu Subagio. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru