Pemkab Barito Timur Ajak Semua Pihak Bersinergi dalam Pencegahan dan Penanganan Karhutla

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 25 September 2019 - 18:44 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang -  Pemkab Barito Timur mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat. Pasalnya  karhutla berdampak buruk terhadap kerusakan lingkungan dan sendi kehidupan masyarakat.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Timur, Lurikto mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada semua pihak hingga semua perusahaan yang beroperasi di wilyah Bartim dalam pencegahan dan penanganan kebakaran terkait dampak yang ditimbulkan dari bencana kabut asap.

"Kita berharap adanya sinergitas dengan semua stakeholder dalam pencegahan dan penanganan kebakaran hutan di wilayah kabupaten Bartim," katanya saat diwawancarai awak media, Rabu 25 September 2019.

Lurikto juga menekankan agar semua perusahaaan yang ada di wilayah Kabupaten Bartim bisa proaktif dalam pencegahan dan penanganan karhutla, sebab setiap perusahaan memiliki tanggung jawab dan wajib membantu masyarakat bila  ada karhutla di wilayah konsesinya, baik itu Hak Guna Usaha (HGU) ataupun izin usaha pertambangan (IUP). 

"Kami mengimbau perusahaan perusahaaan agar proaktif dan memiliki SOP dalam penanganan Karhutla, walaupun hutan atau lahan yang terbakar tidak masuk dalam IUP, perusahaan wajib membantu masyarakat," imbuhnya.

Lurikto juga berharap kepada semua peserta yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi dari perwakilan sepuluh kecamatan, bisa memberikan informasi kepada masyarakat luas agar kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten Bartim bisa terus diminimalisir dan teratasi dengan baik di masa mendatang.`

"Semoga dengaan adanya sinergitas, akan memudahkan kegiatan-kegiatan dalam rangka pencegahan karhutla ke depannya," pungkasnya. (PRASOJO/B-2)

Berita Terbaru