Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara  Berikan Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD

  • Oleh Ramadani
  • 25 September 2019 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara berikan jawaban atas pemandangan umum fraksi DPRD. 

Jawaban itu diberikan setelah enam fraksi pendukung DPRD memberikan pandangan umum terhadap pidato pengantar Bupati Barito Utara tentang Raperda APBD perubahan tahun anggaran 2019.  

Jawaban atas pemandangan umum fraksi pendukung DPRD Barito Utara tersebut langsung disampaikan oleh Bupati Barito Utara H Nadalsyah pada sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, didampingi Wakil Ketua I, Permana Setiawan dan Wakil Ketua II, Sastra Jaya, Rabu 25 September 2019.

Dalam rapat paripurna ini, Bupati Barito Utara, Nadalsyah menyampaikan tanggapan Fraksi Partai Demokrat bahwa sehubungan dengan pertanyaan untuk mengatasi kondisi kabut asap yang menyebabkan ISPA, mata merah dan pusing. Bupati menjelaskan, Pemkab Barito Utara telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan.

“Pencegahan dilakukan melalui sosialisasi di desa dan Kelurahan diberikan pemahaman agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan bekerjasama dengan pihak TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat peduli api untuk melakukan pemadaman lahan yang terbakar,” jelasnya.

Sedangkan, kata bupati yang akrab disapa H Koyem, ini upaya kuratif dilakukan penyediaan rumah oksigen gratis bagi masyarakat sebanyak 18 buah yang tersebar dirumah sakit.

Menanggapi dari fraksi PDI Perjuangan, pemerintah menyambut baik sarannya untuk perlunya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi PAD.

Selanjutnya menanggapi fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Pemerintah menyambut baik usulan untuk perubahan APBD tahun anggaran 2019.

"Pemerintah daerah memprioritaskan pergeseran anggaran yang tidak terserap dalam murni tahun anggaran 2019, pada kegiatan yang belum selesai dan sangat diperlukan masyarakat," ucap Nadalsyah.

Untuk hal-hal yang bersifat teknis, Bupati berharap dapat dibahas dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku pada tahap selanjutnya.

Berita Terbaru