Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asisten I Setda Gunung Mas Buka Sosialisasi dan Advokasi POPM Filariasis.

  • Oleh Magang 1
  • 26 September 2019 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Asisten I Sekretariat Daerah Gunung Mas, Ambo Jabar membuka sosialisasi dan advokasi pemberian obat massal pencegahan atau POPM Filariasis dalam rangka peningkatan cakupan minum obat, Kamis 26 September 2019.

Sekda Gunung Yansiterson dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ambo Jabar mengatakan filariasis merupakan penyakit menular menahun yang disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan melalui nyamuk.

"Penyakit ini merupakan salah satu penyakit tropis terabaikan yang masih menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat di Indonesia," ujarnya.

Dia menuturkan upaya besar telah dimulai dengan Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) pada 1 Oktober 2015 oleh Menteri Kesehatan.

Dengan dilaksanakannya BELKAGA diharapkan seluruh kabupaten endemis filariasis telah mulai melaksanakan POPM filariasis pada tahun tertebut setahun sekali selama 5 tahun berturut-turut.

Pelaksanaan pencanangan BELKAGA tingkat nasional tahun ke 2 bertempat di Kuala Kurun pada Oktober 2016.

"Momentum itu juga merupakan pelaksanaan tahun pertama minum obat filariasis di Kabupaten Gunung Mas," ucapnya. (MAGANG 1/B-6)

Berita Terbaru