Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KNPI Kotawaringin Timur Perhatikan Pengangguran Intelektual

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 September 2019 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pengangguran intelektual di daerah ini menjadi salah satu perhatian pengurus DPD KNPI Kotawaringin Timur. KNPI menilai, kesempatan kerja yang terbatas membuat para lulusan diploma maupun sarjana belum mendapatkan pekerjaan. 

"Di Kotim cukup banyak pengangguran intelektual. Itulah yang menjadi salah satu perhatian pengurus DPD KNPI Kotim," ujar Ketua KNPI Kotim Endra Rosana, 26 September 2019. 

Menurut Endra, banyaknya pengangguran intelektual bukan tanpa sebab. Ini karena banyak dari mereka yang hanya mengejar mimpi menjadi seorang pegawai negeri. Sedangkan kuota penerimaan PNS terbatas.

Karena itu Endra mengimbau agar para sarjana bisa mengubah pola pikir. Sehingga mereka bisa membuka diri untuk berusaha menciptakan pekerjaan untuk diri sendiri, bahkan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

"Hal itulah yang menjadi fokus kami, agar pengangguran intelektual tersebut bisa menciptakan pekeraan untuk diri sendiri dan juga orang lain," kata Endra. 

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua DPD KNPI Kalteng Rahmad Handoko. Ia mengatakan, pengangguran intelektual harus bisa teratasi dengan memberikan pembinaan yang baik. 

"Saya harap pengangguran intelektual bisa keluar dari harapan untuk menjadi PNS. Namun mencari jalan menciptakan peluang pekerjaan sendiri," terang Rahmad. 

Ia ingin, peran pemerintah dan DPD KNPI Kotim bisa mengatasi hal tersebut. Begitu juga dengan pengangguran dari jenjang lulusan tingkatan sekolah di daerah ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru