Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Barito Selatan Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak

  • Oleh Uriutu
  • 26 September 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Buntok- Jajaran Polres Barito Selatan mengikuti apel gelar pasukan pengaman jelang pemilihan kepala desa atau pilkades serentak. Apel berlangsung di halaman kantor Polres Barito Selatan yang lama, Kamis, 26 September 2019.

Kapolres Barito Selatan AKBP Wahid Kurniawan yang memimpin apel mengatakan, pilkades bisa dikatakan sebagai penanda utama demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta dalam menentukan kepala desa.

Menurutnya, agenda demokrasi pada pilkades seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta jaminan keamanan pemilihan langsung oleh publik memilih kades merupakan tanggung jawab bersama.

“Karena pilkades serentak 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing desa,” kata Wahid Kurniawan.

Ia menjelaskan, dalam kacamata kamtibmas, peningkatan intensitas politik bisa memunculkan potensi kerawanan dalam masyarakat.

Di antaranya, yang menjadi perhatian kepolisian ialah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu yang  bisa memecah-belah persatuan dan kesatuan, serta penyebaran hoax dan hate speech yang menimbulkan potensi konflik sosial di masyarakat.

“Untuk itu kita dalam hal ini Polri dibantu TNI dan pemangku kepentingan selalu mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen dan penegakkan hukum,” tandas dia.

Selain itu, lanjut dia, melalui penggelaran fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas khusus menangani masalah di masyarakat selama gelaran pilkades.

“Saya tekankan Polres Barsel berkomitmen bekerja keras untuk menjamin penyelenggaraan pilkades serentak berjalan, aman, damai, dan lancar,” ucap dia.  (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru