Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Larangan Bakar Lahan Harus Disertai Solusi bagi Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 26 September 2019 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah telah mengeluarkan larangan bakar lahan. Anggota DPRD Barito Utara, Iqbal Reza Erlanda mengharapkan larangan bakar lahan itu disertai solusi bagi masyarakat.

“Akibat oknum yang tidak bertanggungjawab melakukan pembakaran lahan dan hutan, yang terkena dampaknya adalah orang banyak. Selain menyebabkan kabut asap, hutan yang berada di sekitarnya sebagai tempat masyarakat mencari sesuap nasi juga ikut terbakar,” jelasnya, Kamis 26 September 2019.

Anak mantan Bupati Barito Utara, H Achmad Yuliansyah ini juga menyampaikan, dirinya sangat menghargai masyarakat yang memang benar-benar berlandang. Mereka hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Ia meminta kepada pihak terkait agar mencari solusi bagi masyarakatnya. “Berladang dengan cara membakar tidak diperbolehkan, bagaimana nasib masyarakat yang memang kerjaannya sebagai petani. Hal ini, harus ada solusi bagi masyarakat, jangan melarang jika tidak ada solusi. Masyarakat mungkin saja tidak ingin membakar, namun tuntutan kebutuhan mengharuskan mereka melakukan hal tersebut,” ujar Iqbal.

Ia juga mengatakan, jika solusi itu sudah diberikan kepada masyarakat dirinya meyakini tidak akan ada para petani yang ditangkap bagaikan memburu seorang teroris. Jika solusi sudah diberikan, masih ada para oknum yang membakar lahan, silakan tindak tegas dan hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Saya juga kasihan kepada masyarakat yang memang benar-benar berladang, oleh karena itu saya ingin ini agar cepat dicarikan solusinya. Contohnya, dialihkan berladang dengan cara sistem modern,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru